Selasa, 31 Maret 2020

E-MAIL, MAIL SERVER DAN WEBMAIL SERVER

E-MAIL, MAIL SERVER DAN WEBMAIL SERVER

    Awal mulanya, mail server dikenal sebagai VMailer dan IBM Secure Mailer dan terus dikembangkan secara aktif hingga menghasilkan Posfix pertama yang diluncurkan pada sekitar tahun 1999.

    Dewasa ini mail server web hosting semakin marak digunakan karena dapat mempermudah aktivitas bertukar informasi antar karyawan maupun perusahaan. Terlepas dari itu, penggunaan mail server sedikit banyak juga mampu meningkatkan citra perusahaan karena alamat email menggunakan domain sebagai identitas perusahaan.
Sebelum kita membahas mengenai mail server, ada baiknya kita membahas dulu mengenai 

E-MAIL

Pengertian email adalah metode pertukaran pesan antar manusia dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, laptop atau smartphone yang terhubung jaringan internet.

Email adalah cara pengiriman surat dalam bentuk digital melalui jaringan internet. Hanya dengan berbekal laptop, komputer, atau telepon pintar, Anda bisa mengirimkan email dengan lampiran data yang juga berbentuk digital tanpa perlu menggerakkan badan sama sekali.
Metode yang sangat mudah ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan cara konvensional. Anda, yang termasuk dalam generasi tua, pastilah pernah merasakan repotnya ketika ingin mengirimkan surat pada zaman dahulu.
Selain harus memiliki amplop beserta perangkonya, Anda juga harus pergi ke kotak atau kantor pos terdekat. Belum lagi jika alamat yang dituju mengalami kendala, seperti pemiliknya pindah atau salah tulis alamat, maka suratnya akan kembali kepada pengirim.

Sejarah E-mail

Sejarah email dimulai pada tahun 1968, ketika jaringan ARPANET, sejenis internet di zaman sekarang, mulai tumbuh dan berkembang. ARPANET itu sendiri awalnya hanyalah sebuah proyek komunikasi yang dibangun untuk institusi militer dan pendidikan.
Selanjutnya, perkembangan email mulai menunjukkan kemajuan. Seorang insinyur bernama Ray Tomlinson bertugas untuk membuat suatu sistem komunikasi yang kemudian proyek ini dinamakan SNDMSG.
SNDMSG adalah sebuah program yang mampu membuat orang, yang memiliki mesin yang sama, saling berkirim pesan. Tentu saja, Anda tak bisa membandingkannya dengan email di zaman sekarang yang sudah sangat mudah untuk digunakan.
Cara berkirim pesan dalam program ini hampir menyerupai cara Anda saat menulis dan berkirim pesan melalui email. Setelah pesan seleksi ditulis, pesan akan dikirim pada kotak surat yang ada di mesin yang sama.
Awalnya, email adalah sebuah layanan yang berbayar. Salah satu program yang paling terkenal adalah Eudora. Namun, dengan cepat Eudora tergeser dari kedudukannya karena ada program baru yang lebih baik dan gratis, yaitu Netscape dan Internet Explorer.

Fungsi email 

secara harfiah adalah untuk mengirim serta menerima pesan. Dengan fungsi attachment pada aplikasi email, Anda bisa melampirkan berbagai jenis data, seperti foto, video, dan lainnya. Fungsi lain yang pada dunia internet saat ini yaitu :
1. Sebagai Identitas Diri secara Personal
2. Alat untuk Mendaftarkan Diri di Berbagai Situs dan Media Sosial
3. Email sebagai Media Promosi

Cara Kerja E-mail

Berikut cara beberapa langkah kerja email secara singkat.
Setelah Anda mengetikkan email dan mengirimkannya ke alamat yang dituju, server akan mengidentifikasi alamat yang dituju.
Setelah alamat penerima email ditemukan, server akan mengirimkan pesan kepada server email Pesan yang dikirim akan tersimpan di server email penerima sampai pengguna membukanya sendiri.
Setelah pengguna email menyadari dan membuka pesan baru tersebut, aplikasi email akan mengunduh pesan yang tersimpan di dalam server ke dalam komputer.
Setelah proses ini selesai, pengguna bisa membaca isi pesan yang sudah dikirim tersebut

Berikut beberapa jenis email yang paling umum.

1. POP Mail
POP Mail alias Post Office Protocol adalah jenis email khusus yang hanya bisa dibuka dan dibaca dari Internet Service Provider yang digunakan. Ini adalah jenis layanan email yang paling sering dipakai perusahaan untuk berkomunikasi secara internal dengan karyawannya.
Kelebihan lainnya, layanan email jenis ini adalah dapat dibaca secara luring melalui telepon genggam maupun komputer.
2. Web Mail
Email jenis ini adalah yang paling umum digunakan masyarakat. Email ini, seperti layanan email pada Google dan Yahoo, hanya bisa diakses dengan membuka halaman website-nya.
Kelebihan layanan email jenis ini adalah Anda dapat mengirimkan pesan serta membaca email di mana pun.
3. Forward Mail
Email jenis ini merupakan layanan untuk pengguna email yang sering mengganti alamat email-nya. Dengan mendaftarkan diri pada layanan email ini, pengguna tetap mendapatkan pemberitahuan apabila terdapat pesan baru di alamat email lamanya.
Layanan email jenis ini bisa dikatakan berfungsi sebagai perantara antaralamat email. Karena sifatnya sebagai perantara, jangka waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan email lebih panjang dibandingkan layanan email biasa.

Kelebihan menggunakan e-mail

1. Menawarkan Efisiensi Waktu
2. Menawarkan Efisiensi Biaya
3. Menawarkan Cara yang Praktis
4. Menawarkan Keamanan Data
5. Menawarkan Kerapian Data

Kekurangan menggunakan e-mail

1. Sangat Tergantung pada Perangkat seperti Laptop, Komputer, atau Telepon Genggam
2. Sangat Tergantung dengan Jaringan Internet
3. Pengetahuan Tentang Email adalah Sesuatu yang Terbatas

Email tidak hanya digunakan untuk mengirimkan file kepada orang lain, karena email juga bisa digunakan untuk mendaftar ke situs-situs tertentu atau yang lebih tepatnya proses verifikasi. Namun, di luar sana ada banyak orang yang menggunakan email untuk tujuan jahat. Tujuan jahat yang paling nyata adalah spam, penipuan, phishing, dan tindak kejahatan lainnya.

Apakah kamu pernah mendapatkan email yang seperti itu? Apabila kamu pernah mendapatkannya, maka solusi yang bisa kamu ambil adalah membuat email palsu.

Dengan membuat email palsu, setidaknya kamu akan terhindar dari yang namanya email spam, promosi, dan yang lainnya. Email palsu juga bisa kamu gunakan untuk mendaftar ke situs-situs tertentu, sehingga email asli yang kamu miliki terbebas dari pesan-pesan yang tidak penting.
Setelah kita membahasa mengenail E-MAIL selanjutnya kita membahas mengenai 

MAIL SERVER


Apa itu Mail server? Mail server adalah sebuah program berbasis cloud computing dalam layanan internet yang digunakan untuk melayani pengiriman atau penerimaan email via jaringan server mail yang sama.


Mail server adalah perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa http://FTP. MAIL Server ini adalah program daemon yang bekerja menampung dan mendisstribusikan email pada suatu jaringan.

Fungsi mail server :

1. Program yang membantu mengatur agar email dapat dikirimkan oleh pengirim sekaligus dapat diterima dengan aman, cepat, dan tanpa kendala oleh penerima email.
2. Membuat jaringan transportasi email menjadi lebih lancar tanpa adanya interupsi dari pihak luar.
3. Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur distribusi email masuk maupun keluar. 


Kelebihan Mail Server

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan mail server. Terutama jika dibandingkan dengan platform gratisan seperti Google, Yahoo, atau Hotmail. yaitu
1. Lebih Cepat dan Efisien
2. Lebih Private
3. Bisa langsung Diatasi Ketika Terjadi Kerusakan
4. Lebih Mudah Mengatur Akun


Aplikasi email di klasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu : 

1. MTA (Mail Transfer Agent) 
MTA bertugas Mengirim dan mentransfer email antar computer dengan menggunakan SMTP. Contoh aplikasi MTA, yaitu : Sendmail, Postfix, qmail, dan lain-lain. 
2. MDA ( Mail Delivery Agent ) 
Berkerjasama dengan MTA untuk menangani pesan – pesan email yang datang untuk diletakan/ didistribusikan sesuai pada mailbox user masing-masing. 
3. MUA ( Mail User Agent ) 
MUA adalah sebuah program yang memungkinkan user membaca dan membuat pesan-pesan email. Beberapa contoh MUA, yaitu Mozila mail, mutt, pine, Microsoft Outlook, Netscape, dan lain-lain.

Cara kerja Mail server 

Mail Servers diklasifikasikan sebagai: 
a. Server Outgoing Mail (SMTP atau Server) 
b. Server Surat masuk (POP3 atau server) 
Salah satu fitur yang banyak digunakan dari Mail Server itu Web Mail Server

Pada email server terdapat dua server yang berbeda yaitu incoming dan outgoing server. Server yang biasa menangani outgoing email adalah server SMTP(Simple Mail Transfer Protocol) pada port 25 sedangkan untuk menangani incoming email adalah POP3 (Post Office Protcol) pada port 110 atau IMAP (Internet Mail Access Protocol) pada port 143
Saat anda mengirim email maka email anda akan ditangani oleh SMTP server dan akan dikirim ke SMTP server tujuan, baik secara langsung maupun melalui melalui beberapa SMTP server dijalurnya. apabila server tujuan terkoneksi maka email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi koneksi maka akan simasukkan ke dalam queue dan di ‘resend setiap 15 menit’. Apabila dalam 5 hari tidak ada perubahan maka akan diberikan undeliver notice ke inbox pengirim.
Apabila email terkirim email akan masuk pada POP3 server atau IMAP server. jika menggunakan POP3 server maka apabila kita hendak membaca email maka email pada server di download sehingga email hanya akan ada pada mesin yang mendownload email tersebut, dengan kata lain kita hanya bisa membaca email tersebut pada device yang mendownload email tersebut. berbeda dengan POP3 IMAP server mempertahankan email pada server sehingga email dapat dibuka kembali lewat device yang berbeda.

Saat ini banyak Mail server yang popoler dan banyak digunakan di dunia open source khususnya Linux Debian.

1. CourierMTA (http://www.couriermta.org/).
2. Exim (http://www.exim.org/).
3. Postfix (http://www.postfix.org/). 
4. Sendmail (http://www.sendmail.org/).
5. Qmail (http://www.qmail.org/).


Selanjutnya kita bahas 

WEBMAIL SERVER

Webmail merupakan sebuah layanan email yang terdapat didalam cpanel website anda yang dapat diakses melalui sebuah browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, opera dan lain-lain. Web Email alias Webmail adalah salah satu kategori dari website dan klien email yang menggunakan halaman Website sebagai media untuk mengelola email di sisi klien.

Fasilitas yang tersedia jika kita menggunakan webmail antara lain adalah:

  1. Mengirim Email
  2. Membaca Email
  3. Menghapus Email
  4. Membalas Email
  5. Menyimpan Email
  6. Meneruskan Email
  7. Mengembalikan Email yang sudah terhapus ke tempat semula
  8. Menggunakan lampiran dokumen
  9. Mencetak Email

Manfaat menggunakan web mail adalah :

1. Dapat mengorganisir email dengan leluasa dibandingkan dengan aplikasi email klien
2. Webmail tentunya dari sisi pengguna juga mempunyai manfaat selain bisa menggunakan email untuk kegiatan sehari hari, web mail dengan fasilitas Google Suite, Zimbra Mail, maupun email Hosting juga mempunyai manfaat tersendiri dimana Anda bisa menggunakan nama email dengan menggunakan domain sendiri.
3. Jika menggunakan Google Mail atau Gmail Gsuite Anda sudah difasilitasi dengan kebutuhan Google Drive, Google Sheet, Google Docs, dan lainnya untuk Anda bisa akses bersama dengan pengguna lainnya. 

Email klien, Email reader atau lebih formal Mail User Agent merupakan program komputer yang digunakan untuk mengelola email pengguna. Email klien adalah aplikasi yang digunakan untuk organisasi email maupun individu, bisa juga digunakan untuk akun email yang berbayar maupun yang gratis. Agar bisa menggunakan MUA syaratnya anda harus ada POP3.

Berikut ini adalah beberapa contoh webmail yang mungkin Anda juga sudah familiar:

1. Google Mail atau Gmail
Email yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda, karena rata – rata orang menggunakan gmail untuk layanan emailnya. Dengan menggunakan Gmail, Anda dapat menerima file kiriman yang berkapasistas cukup besar. Ketika file yang dikirimkan berukuran besar, maka Jika attachmentnya terlalu besar, biasanya Gmail akan langsung menghubungkannya dengan Google Drive. Ini juga menjadi salah satu kelebihan webmail Gmail. Bahkan akun Gmail dapat terhubung ke akun YouTube, blogger, Google Drive, Google Docs, dan masih banyak lagi. Layanan Gsuite dari Google oleh IDCloudhost

2. Yahoo Mail
Yang satu ini pasti anda gunakan, Yahoo Mail keluaran email dari Yahoo Group. Pada yahoo webmail Yahoo Mail terintegrasi dengan fitur Yahoo Messenger. Nah, dengan Yahoo Messenger ini dapat anda gunakan untuk chatting. TIdak hanya itu, Yahoo Mail memiliki user interface yang menarik dan mudah digunakan. Jika Anda khawatir dengan tempat penyimpanan yang ada di yahoo, anda tidak perlu khawatir karena yahoo memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.

Perbedaan MAIL SERVER dengan WEBMAIL SERVER

mail server adalah server yang memungkinkan pengguna (user) untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik atau e-mail satu sama lain dalam stu jaringan atau dengan internet.
layanan ini menggunakan arsitektur client-server, Artinya ada aplikasi client mengakses server email. Protocol yang umum digunakan adalah protocol SMTP (SIMPLE MAIL TRANSFER PROTOCOL), pop3 (post office protocol v3) imap smtp digunakan sebagai setandar untuk menampung data mendistribusikan email. sedangkan pop3 dan imap digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote.

sedangkan web mail server adalah sarana yang memungkinkan user dapat mengakses e-mail melalui web dalam kata lain web mail server adalah interfaces dengan kata lain sebuah e-mail yang berada di dalam web sehingga jika membuka e-mail tersebut kita harus membuka web terlebih dahulu dengan koneksi internet dan ini berbasis web.

Sekian materi mengenai email, mail server dan webmail server semoga bermamfaat...... 
assalammualaikum wr.wb.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DHCP

  DHCP ( Dynamic Host Configuration Protocol) DAFTAR ISI Apa itu DHCP? Perbedaan DHCP server dan DHCP client Fungsi DHCP server 1. Mengelola...